Jumat, 22 Oktober 2010

Masalah Lingkungan

1. Jelaskan fenomena yang terjadi di alam mengenai air sehingga menjadi langka ! 
2. Krisis air semakin parah keadaannya akibat pengelolaan air yang tidak benar. Mengapa ? 
3. Berikan contoh kasus daerah di Jawa yang mendapatkan dampak dari privatisasi
4. Jelaskan krisis air sebagai kerusakan ekologis ! 
5. Apa yang harus kita lakukan terhadap lingkungan untuk menanggulangi masalah krisis air ini ? 
6. Apa yang dimaksud dengan banjir ?  
7. Mengapa di dataran tinggi terjadi banjir pula ?
8. Apa bedanya banjir  bandang dengan tsunami ? Mengapa bisa terjadi ?
9. Apa yang harus kita lakukan untuk menanggulangi banjir ? 
10. Jelaskan fenomena di masyarakat menyangkut krisis energi (BBM, listrik) ! 
11. Jelaskan dampak krisis energi  tersebut  terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat ! 
12. Apa penyebab terjadinya krisis energi dan bagaimana penanggulangannya ?  
13. Adakah  hubungannya dengan kerusakan lingkungan ? Jelaskan ! 
14. Bagaimana fenomena krisis pangan dan lahan yang terjadi di Jawa Barat ? 
15. Mengapa banyak petani yang alih profesi ?
16. Bagaimana upaya pemerintah  menanggulangi masalah ini ? 
17. Bagaimana pendapatmu tentang RUU LPPA ? 
18. Apa  yang menjadi kendala dalam melaksanakan ekstensifikasi dan intensifikasi pertanian ?
JAWABAN
1.  Adanya kekeringan pada hutan menyebabkan air menjadi langka, selain itu karena adanya faktor penebangan liar, ditambah adanya global warming yang membuat menguapnya sumber air.
2. karena pemakain air yang berlebih dan tidak efisien dalam pemakainnya. ini disebabkan pemerintah memberikan kebebasan rakyat menengah keatas beserta badan usaha air. selain itu dikarenakan adanya ke egoisan masing-masing pihak yang terkait privatisasi air. 

3. Contohnya adalah daerah Karawang yang mengalami kekeringan air di sektor pertanian yang mengakibatkan para petani harus membeli air untuk mencegah kekeringan berkepanjangan tersebut.
4. kerusaka ekologis sangat berpengaruh dengan krisis air karena ekologis menyimpan sumber air di dalamnya, dan jika ekologis rusak atau punah maka akan memberi dampak krisis air.
5. a. memakai air dengan efisien dan tidak berlebihan,
    b. membuat sumur resapan,
    c. membuat LBR
    d. melestarikan, dan mengawasi ekologis (dari penebangan liar)
    e. serta meningkatkan kapasitas penyimpanan DAS secara alamiah
6. Banjir adalah keadaan air menenggelami atau suatu kawasan yang di akibatkan oleh tersumbatnya saluran air di suatu kawasan atau wilayah karena kurangnya pemeliharaan lingkungan oleh masyarakat sekitarnya sehingga mungkin membuat pecahnya bendungan air di daerakarena tanah sudah kehilangan fungsinya dalam menyerap air akibat dari maraknya penebangan hutan,pembangunan gedung dan perumahan yang tidak ramah lingkungan.h teersebut.

7.karena tanah sudah kehilangan fungsinya dalam menyerap air akibat dari maraknya penebangan hutan,pembangunan gedung dan perumahan yang tidak ramah lingkungan.
8.Banjir Bandang adalah banjir di daerah di permukaan rendah yang terjadi akibat hujan yang turun terus-menerus dan muncul secara tiba-tiba. Banjir bandang terjadi saat penjenuhan air, sementaraTsunamiadalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Perubahan permukaan laut tersebut bisa disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat di bawah laut, letusan gunung berapi bawah laut, longsor bawah laut, atau atau hantaman meteor di laut.   terhadap tanah di wilayah tersebut berlangsung dengan sangat cepat hingga tidak dapat diserap lagi. Air yang tergenang lalu berkumpul di daerah-daerah dengan permukaan rendah dan mengalir dengan cepat ke daerah yang lebih rendah. Akibatnya, segala macam benda yang dilewatinya dikelilingi air dengan tiba-tiba
9. a. tidak membuang sampah sembarangan di selokan,
    b. pembuatan irigasi,
    c. membuat LBR dan sumur resapan,
    d. tidak menebang pohon di hutan,
    e. Adanya inisiatif dari pemerintah dan masyarakat setempat  akan adanya bahaya banjir.
10.banyak penimbunan BBM, sering nya terjadi pemadaman listrik yang mengakibatkan demo masyrakat padahal kesalahan masyarakat itu sendiri, pemakain bbm yang berlebihan, (adanya privatisasi BBM)
11. Di bidang ekonomi banyak pengusaha bangkrut, 
Di bidang sosial banyak karyawan yang di PHK oleh perusahaan.
 harga melonjak naik,BBM sulit di dapat,terjadi program konvensi minyak tanah ke gas,hemat listrik
12.terjadi karena pemerintah yang kurang teliti dan kurang hati-hati dalam menanggulangi masalah, karena masyarakat yang sering acuh tak acuh terhadap sumberdaya alam yang dapat habis dan mengakibatkan kekurangnan energi dan bahan bakar bahkan sumberdaya alam,
mengingatkan kepada masyarakat bahwa suberdaya alam itu jika di gunakan berlebihan akan habis dan kita harus menggunakan nya sehemat mukin dan bahkan jika tidak perlu sebiak nya tidak menggunakan nya.
13. ada, karena setiap sumberdaya alam yang kita dapat berasal dari lingkungan, jika sumber daya alam habis maka manusia akan mencari sumber daya alam yang baru dan mengakibat kan tidak seimbang nya kehidupan.
14. Lahan pertanian di Jawa terus menyusut. Pulau Jawa yang luas daratannya hanya 6,5 persen dari daratan Indonesia, memasok 53 persen kebutuhan pangan nasional.
Pembangunan jalan tol trans-Jawa sepanjang 652 kilometer dari Cikampek, Jawa Barat, sampai Surabaya, Jawa Timur, menelan 4.264 hektar lahan yang sebagian besar lahan pesawahan. Konversi lahan pertanian menjadi jalan tol, diikuti konversi persawahan di sekitar jalan tol tersebut. Lenyapnya sawah bakal meluas akibat pembangunan pusat perbelanjaan, jasa, perkantoran, perumahan, dan permukiman seiring beroperasinya jalan tol trans-Jawa.  
15.kareana habis nya lahan untuk bertan yang di gantikan untuk permukiman dan industri yang belum tentu digunakan sebaik mungkin.
16.pemerintah membuat RUU LPPA
17. sebaiknya RUU LPPA segera di sah kan,dan di jalankan sesuai dengan isi dari RUU tersebut dan di efektifkan,sehingga alih profesi oleh para petani berkurang.
18. ekstensifikasi= akan benturan dengan masalah pemukiman, industial dan masalah lingkungan  yang semakin sempit
intensifikasi= masih terhambat masalah keterbatasan teknologi dan penerapan teknologi yang salah

2 komentar:

  1. Ya, sudah ibu lihat, tapi maaf baru sempat comment. Siiiip....tugasnya sudah (tapi tgs 1 mana?) dan blognya juga bagus. Mengerjakannya harus berdua juga. Ok !

    BalasHapus